Posted by: adhe putra | November 12, 2008

EKONOMI KAPITALIS

Apa yang terpenting dalam analsia marx tentang perekonomian kapitalis? Tentu saja jawabannya adalah 3 jilid Das Kapital yang tebal-tebal itu, yang tidak semua orang memiliki waktu untuk mempelajarinya secara khusus, berkutat pada satu tema saja kapitalisme adalah sebuah system yang hidup dari penghisapan. Maka, kalau kita memahami seluruh landasan pemikiran marx, kita harus berangkat dari sini, dari analisa marx mengenai penghisapan yang dilakukan oleh kapitalisme.

Tapi sebelumnya kita perlu melihat kapitalisme sebagai satu system. Maknanya, ada beberapa lapisan didalam kapitalisme yang perlu kita kupas sebelum kita mendapatkan gambaran-gambaran terperinci tentangnya. Sama seperti kita hendak memahami bekerjanya tubuh manusia atau sebuah mobil. Didalamnya terdapat berbagai komponen. Komponen-komponen yang berdekatan fungsinya membentuk satu sub system. Beberapa sub system bergabung membentuk sub system lain yang lebih besar. Baru setelah itu kita melihat apa yang kita teliti dalam keadaan statis, dan terakhir dalam keadaan bergerak.

Kapitalisme juga adalah sebuah system. Didalamnya juga ada komponen-komponen penyusunnya: orang-orang yang bekerja untuk mendapatkan upah atau gaji dan mereka yang mengupah para pekerja-pekerja itu. Ada pula hubungan yang terjadi diantara kedua pihak ini di dalam satu unit produksi, katakanlah satu pabrik. Ada pula hubungan yang terjadi antar pabrik. Kemudian kita perlu melihat hubungan antar industri. Seterusnya, hubungan antar para pengupah sebagai satu himpunan dengan himpunan yang lain yang berisi kaum pekerja. Baru terkhir kita lihat dinamikanya.

Rumit? Ya, memang. Kalau tidak demikian kapitalisme tidak akan menjadi suatu system yang paling terselubung penghisapannya.

Maka, sekali pandang saja, kita akan merasakan dengan kuat bahwa pertanyaan-pertanyaan “kritis” yang diajukan oleh Dr. Magnis Suseno bersikap sangat menyederhanakan bahkan mengampangkan persoalan.
Udah dulu ya… saat ini saya ngga tau mau nulis apa lagi…
Mungkin saya akan melanjutkan dengan topik lain kira-kira;

  1. Komoditi dan Nilai
  2. Kerja
  3. Upah

Karena tiga point itu saya anggap juga termasuk penting dalam peralihan menuju masyarakat informasi atau kata teman-teman saya just click your mouse if your PC connect to internet. Bye…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: