Posted by: adhe putra | November 16, 2008

MDH Filsafat yang Revolusioner

Tugas para filosof dalam menjabarkan pahamnya bukan sekedar menginterprestasikan dunia tapi justru yang pokok adlah mengubah dunia. dampak dari tesis ini membawa kepada suatu watak khusus dalam suatu filsafat marx yaitu revolusi, baik dalam pemikiran maupun dalam tindakan praksis. untuk marx, kondisi sesuai dengan masyarakat eropa saat itu, revolusi yang dimaksud adalah perubahan sistem kemasyarakatan secara struktural. dalam bidang politik terumuskan dalam perjuangan kaum proletar untuk meampas harta kaum borjuis dengan melalui perjuangan kelas.

aktivistas revolusioner ini dibagi secara bertingkat-tingkat sesuai fase sejarah yang sedang dilalui dan berakhir dengan terwujudnya masyarakat tidak berkelas yaitu masyarakat komunis. azas dari sistem masyarakat ini dirumuskan oleh marx sebagai “from each according to his ability, to each according to his needs.” (dari tiap orang yang diminta menurut kecakapannya, dan diberikan tiap orang menurut kebutuhannya)

dalam hal pemikiran watak revolusioner filsafat marx muncul dalam bentuk sosialisme ilmiah (Scientific Socialism). corak ilmiahnya dapat dilihat dalam rumusan bahwa sosialisme akan menggantikan kapitalisme adalah hasil perkembangan masyarakat adalah hasil dari perkembangan masyarakat dalam sejarah yang mengacu pada pengaruh dialektis. selanjutnya dengan jalur ilmiah dapat diketahui dengan susunan dari masyarakat tidak dibuat melainkan dilahirkan.

sosialisme menurut marx bukan pendapat dari seorang pujangga yang mau memperbarui dunia, tapi suatu kejadian yang tidak dapat dielakkan sebagi akibat dari pertentangan dua kelas yang dilahirkan yaitu kelas borjuis dan kelas proletar.

marx mengemukakan sosialisme berdasarkan ilmu pengetahuan dimaksudkan sebagai lawan dari sosialisme utopis yang dipelopori oleh Saint Simon, Charles Fourier dan Robert Owen. para eksponen sosialisme utopia ini oleh marx diakui telah mengemukakan gagasan-gagasan tentang perbaikan nasib manusia, namun tidak meunjukkan jalan untuk mencapai tujuan yang dimaksud. dari pandangan demikian sosialisme yang dikemukakan marx mendapatkan tempat dalam dunia filsafat karena ia merumuskan dalam corak ilmiah

“…and he succeded because he created a beliefe in the ultimate salvation of man which claimed to be scientific”.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: