Posted by: adhe putra | March 9, 2009

Kekuasaan informasi, siapa punya?

Sebenarnya, apa maksudnya pribadi-pribadi memegang kekuasaan informasi? Menurut saya, pribadi-pribadi itu dapat memegang kekuasaan jika:

  1. menguasai saluran informasi (dalam hal ini Internet),
  2. punya kemampuan memproduksi informasi dengan kualitas tertentu.
  3. punya subordinat (pembaca) kepada siapa mereka dapat mengenakan kekuasaannya itu.

Untuk butir terakhir ini, mudah-mudahan jelas: “kekuasaan” tak ada artinya jika tidak ada pihak “yang dikuasai”. Kekuasaan informasi hanya bermakna jika ada pihak yang menjadi “sasaran” dari informasi itu. Kalau ada seseorang mengklaim punya kekuasaan informasi hanya karena ia bisa (dan boleh) menulis di Internet, saya kira kita patut meragukan klaimnya.

Tentu saja, “kekuasaan informasi” ada kadarnya juga. Ada orang yang punya kekuasaan amat besar, ada yang sedang-sedang saja, dan ada yang punya hanya seiprit. Jika kita mengandaikan sebagaimana dikatakan Profesor Dahlan bahwa “Kekuatan dan kekuasaan informasi tak lagi pada redaksi, tetapi pada pribadi-pribadi.”, maka kita seyogyianya membayangkan perpindahan kekuasaan dalam skala amat besar.

Persoalannya sekarang: benarkah sudah ada perpindahan kekuasaan dalam arti penguasaan saluran, kemampuan produksi informasi, dan keberadaan subordinat dalam jumlah besar-besaran? Benarkah jika kita mengklaim bahwa jumlah blog dan jaringan-jaringan sosial semacam Facebook kita tercinta ini sudah menandingi dan kemudian menggantikan peran yang sama seperti yang sudah dilakukan koran kertas selama ini?

Jika sudah, maka mari bersama-sama kita mengubur jasad media kertas. Tetapi jika tidak, kita sebaiknya memeriksa lebih jauh, hal apa yang sesungguhnya terjadi dalam soal “kekuasaan informasi” ini dan mengapa ada koran kertas yang akhirnya betul-betull bermetamorfosa menjadi koran digital, sementara ada koran kertas yang masih bertahan.

tulisannya pak putu laxman pendit


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: